Sunday, March 24, 2013

Perangkat Masukan (Input Device)


Perangkat Masukan (Input Device)
Perangkat masukan (input device) adalah Perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Biasanya berupa : huruf, angka, gambar, suara, audio-vidio, dan bahan gerakan.
Jenis – jenis piranti masukan :
A.      Keyboard
Peralatan masukan berfungsi memasukkan data, baik berupa teks, foto maupun gambar ke dalam komputer.
Rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christroper Latham Pada tahun 1868 dan dipasarkan pada 1877 oleh perusahaan Remington
Jenis – jenis keyboard :
1.      Keyboard QWERTY 1878
Tata letak memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan.
2.      Keyboard DVORAK (1932)
Susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik).
3.      Keyboard Maltron


Keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.

4.      Keyboard Alphabetik


Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.

B.      Mouse
Salah satu unit masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat, selain itu dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Jenis – jenis Mouse :
1.      Mouse Serial
Mouse jenis ini sudah jarang digunakan, biasanya jenis mouse ini digunakan pada komputer pentium 1 dan pentium 2
2.      Mouse ps/2
Mouse jenis ini setingkat lebih "canggih" dibanding mouse serial. Konektor yang dipakai sudah lebih kecil. Biasa dipakai pada komputer Pentium 3 dan 4.
3.      Mouse USB
Merupakan pembaruan dari mouse PS2 sangat compatibel untuk semua jenis komputer karena menggunakan port USB
4.      Mouse Wireless
Praktis dan mudah penggunaanya karena tidak membutuhkan kabel connector, mouse jenis ini menggunakan teknologi wireless

C.      Scanner
             Scanner adalah input device (perangkat keras masukan) yang berfungsi mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Jenis – jenis Scanner :
1.       Scanner HARD-HELD SCANNER
Scannner yang pemakaiannya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh kasir toko untuk menscan harga barang atau barcode

2.       Scanner FLATBED SCANNER
Scanner yang cara penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan di scan diantara lensa dan cover. Jenis scanner ini banyak dipakai di kantor




Sobat sedang membaca artikel tentang Perangkat Masukan (Input Device). Silahkan baca artikel yunario wahyu Tentang yang lainnya.
Description: Perangkat Masukan (Input Device)
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Perangkat Masukan (Input Device)

Post a Comment