Sunday, March 24, 2013

Pirantikeluaran (output device)

Perangkat Keluar

Kini kita akan membahas mengenai Perangkat Keluaran, atau Output Device. Sekedar mengingatkan, perangkat keluaran adalah perangkat yang dapat mengambil data dari komputer. Beberapa dari perangkat ini menyimpan secara sementara hasilnya (seperti halnya monitor dan speaker), atau langsung mengeluarkan bentuk kasarnya yang bisa kita langsung pegang (seperti printer atau plotter). Ada pula perangkat keluaran yang dapat digunakan untuk mengatur komputer. Mau tahu? Ayo kita bahas.

Monitor

Monitor merupakan alat penampil gambar visual, atau disebut pula sebagai visual display unit (VDU). Ada dua jenis monitor yang kini beredar, yakni monitor sinar tabung katoda (cathode-ray tube/CRT Monitor) dan juga monitor kristal cair (liquid crystal display/LCD Monitor).

MONITOR CRT

220px Viewsonic crt Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranCRT Monitor adalah jenis monitor yang menggunakan tabung sinar katoda untuk menampilkan gambar. Bentuknya besar, tapi kemampuannya dalam menampilkan gambar sangatlah baik, meski harus dibayar dengan kebutuhan listrik yang tidak sedikit. Meski dahulu monitor ini sangat populer, kini tergeser dan bahkan tergantikan oleh monitor jenis baru, LCD monitor. Hal itu dikarenakan bentuknya yang besar dan juga butuh daya listrik yang besar pula.
Monitor CRT datang dalam berbagai ukuran, mulai dari 10 inci hingga 24 inci. Panjang ini adalah panjang diagonal dari ujung pojok pojok. Tentu saja, semakin besar monitor, maka akan semakin besar pula kebutuhan dayanya dan semakin pula mahal.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor CRT sangatlah bagus dalam menampilkan gambar, sehingga cocok digunakan untuk menyunting foto dengan resolusi tinggi atau melakukan desain.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor CRT berharga lebih murah daripada monitor LCD.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor CRT dapat dilihat dari berbagai sisi secara bagus. Monitor LCD hanya dapat dilihat dari beberapa sisi saja.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor CRT besar bentuknya, dan memakan listrik yang tidak sedikit. Akibat besar itulah, monitor ini cukup berat untuk diangkat dan dipindahkan.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor CRT mengeluarkan radiasi yang berbahaya untuk mata saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranGambar monitor CRT sedikit bergoyang bila dibandingkan dengan monitor LCD, apalagi bila diatur pada resolusi yang paling tinggi.

MONITOR LCD

290px LG L194WT SF LCD monitor Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMonitor Liquid Crystal Display (LCD) adalah monitor yang menggunakan kristal cair untuk menampilkan gambar. Bentuknya tipis, dan juga lebih hemat listrik daripada monitor CRT. Monitor ini kadang juga disebut sebagai monitor TFT (Thin-Film Transistor) atau monitor LED (Light-Emitting Diode), tergantung teknologi apa yang digunakannya. Meskipun demikian, mereka tetap menggunakan kristal cair.
Monitor ini juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari laptop.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranBentuknya ringkas, sehingga mudah dibawa. Meski demikian, bukan berarti monitor ini bersifat portabel.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranGambar yang dipancarkan oleh monitor LCD tidak terlalu menyilaukan mata, daripada saat kita menggunakan monitor CRT.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranRadiasi yang dipancarkan oleh monitor LCD juga tidak sebesar monitor CRT.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranUkuran diagonal monitor LCD lebih besar daripada monitor CRT, tapi tetap mempertahankan bentuknya yang tipis.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranSudut pandangnya terbatas. Kita tak akan dapat melihat gambar dari monitor LCD dari samping.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranSelain sudut pandang, akurasi warnanya juga tidak begitu baik saat dilihat dari samping.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMenonton video pada monitor LCD akan terlihat berbayang.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranHarganya lebih mahal daripada monitor CRT.

Proyektor Multimedia

 Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranProyektor multimedia adalah sejenis unit penampil gambar yang dapat digunakan saat kita dituntut untuk menampilkan gambar dalam layar yang besar, seperti halnya saat presentasi, untuk mempromosikan barang, atau bisa juga digunakan untuk menonton film.
Sama seperti monitor, proyektor juga dapat dihubungkan ke sebuah komputer, player CD/DVD, atau penerima siaran televisi satelit. Gambar yang didapat dari sumber (entah itu komputer, player CD/DVD atau apapun yang masuk ke dalamnya) akan diperbesar dan diproyeksikan dengan menggunakan lensa yang besar pula, dengan menggunakan lampu yang sangat kuat.

Speaker

 Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranBila kita hendak mendengarkan musik atau suara apapun dari komputer kita, maka kita membutuhkan sebuah speaker. Speaker dapat mengubah sinyal menjadi gelombang suara dengan menggunakan alat pengubah data digital menjadi sinyal analog, yang disebut dengan Analog-to-Digital Converter.
Bila kita hendak menyunting suara, maka alat ini sangatlah wajib dimiliki. Selain itu, perangkat ini juga dapat digunakan dalam konferensi video, menonton film, dan lain sebagainya.
Speaker dapat dihubungkan ke komputer (melalui jack yang ada dalam sound card) atau sudah langsung tersedia dalam komputer (biasanya dalam komputer laptop).

Printer

Printer adalah alat yang mampu mengeluarkan salinan dalam bentuk kertas dari data yang kita miliki. Nah salinan yang kita miliki itu umumnya dinamakan dengan hardcopy. Selain printer, ada juga alat yang mirip printer tapi berukuran lebih besar daripada printer, yang disebut dengan plotter.

PRINTER TINTA (INKJET)

205px Epson inkjet printer Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranPrinter tinta adalah jenis paling umum dari alat pencetak. Printer ini menggunakan tetesan-tetesan tinta yang sangat kecil untuk menggambar. Printer tinta dapat mencetak hitam putih atau warna. Gambar dari komputer dikirim setahap-demi-setahap, sehingga proses pencetakan pun dapat dihentikan untuk sementara, atau memang dirinya akan menghentikan proses pencetakan untuk mengeringkan tinta yang sudah menempel di atas kertas.
Printer inkjet cenderung lebih ringan dan lebih murah daripada jenis printer yang lainnya. Meski murah, kualitasnya jauh lebih tinggi daripada jenis printer lainnya.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranKualitas hasil cetak lebih bagus daripada alat pencetak yang lainnya.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranCukup cepat untuk mencetak dokumen satu halaman berkualitas tinggi, atau mungkin juga mencetak foto.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranCenderung lebih murah daripada jenis printer lainnya.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranUkuran kecil dan ringan membuatnya mudah dibawa. Bahkan ada printer inkjet yang bersifat portabel.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranPrinter inkjet cenderung melambat saat mencetak banyak dokumen.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranMeski printer inkjet lebih murah, tinta yang digunakannya lebih mahal sehingga biaya operasional mungkin lebih tinggi daripada jenis printer yang lainnya.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranBeberapa tinta mensyaratkan kertas tertentu untuk hasil maksimal, karena kadang-kadang bila tidak sesuai akan menyebabkan tinta meluntur.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranSaat disuruh mencetak banyak dokumen, bisa jadi proses pencetakan terhenti sementara akibat tinta yang habis, dan printer pun menolak bekerja sebelum kita menggantinya dengan tinta yang baru

PRINTER MATRIKS TITIK (DOT-MATRIX)

Jenis printer ini merupakan printer yang menggunakan gesekan pada pita karbon untuk menggambar.300px Epson MX 80 Digital Literacy, Part 6: Perangkat Keluaran Komponen dalam printer yang digunakan untuk menggambarnya (disebut denganprinthead) memiliki beberapa titik pin, yang merupakan matriks dengan dimensi ukuran yang sama (biasanya 24×24).
Printer ini biasanya digunakan untuk pencetakan secara kontinu dengan menggunakan kertas continuous form.
Printer ini juga dikenal sebagai impact printer, karena menggunakan gesekan.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranOngkos cetak sangatlah minim, meski harga printernya sendiri mahal.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranDapat mencetak salinan karbon secara langsung dengan dokumen yang asli.
icon smile Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranPencetakan secara kontinu dapat dilakukan dengan mudah.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranKarena menggunakan gesekan, maka printer ini bekerja dengan suara yang cukup mengganggu, sehingga kurang cocok digunakan untuk kantor yang sunyi.
icon sad Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranKecepatan cetak paling lambat jika dibandingkan dengan printer yang lainnya, dengan kualitas paling buruk dan hasil cetak hitam putih.

PRINTER LASER

250px Hp laserjet 4200dtns Digital Literacy, Part 6: Perangkat KeluaranPrinter laser adalah printer yang menggunakan drum yang diperkuat dengan listrik daya tinggi. Untuk mengubah daya di dalam drum untuk tiap titik yang menggambar, digunakanlah laser. Toner (sinonim dengan printhead dalam printer inkjet) akan tertarik secara elektrik terhadap titik yang diberi daya tersebut. Kertas pun ditempelkan secara dempet dengan drum hingga mengeluarkan pola cetakan yang dikehendaki. Halaman tidak akan dapat dicetak sampai keseluruhan dokumen disimpan dalam memori penyangga terlebih dahulu.




Sobat sedang membaca artikel tentang Pirantikeluaran (output device). Silahkan baca artikel yunario wahyu Tentang yang lainnya.
Description: Pirantikeluaran (output device)
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Pirantikeluaran (output device)

Post a Comment